Cara Membuat Resep Bandeng Saus Pedas Enak dan Nikmat


Resep Membuat Bandeng Saus Pedas - Bagi Anda yang bekerja atau mempunyai kegiatan super sibuk, menyisihkan waktu untuk memasak bagi keluarga merupakan dilema tersendiri. Keinginan untuk menyajikan yang terbaik bagi keluarga sering terhambat dengan sedikitnya waktu yang tersisa. Waktu yang sedikit ini pun harus dibagi pula dengan hal-hal lain yang memerlukan perhatian Anda.

Olahan dengan bahan protein merupakan keharusan karena protein penting bagi tubuh untuk pertumbuhan. Protein seperti daging, ikan, unggas, termasuk bahan makanan yang membutuhkan waktu sedikit lebih banyak dari pada mengolah sayuran.

Keterbatasan waktu Anda jangan dijadikan alasan untuk tidak menyajikan yang terbaik bagi keluarga. Dengan trik dan teknik yang tepat, bahan makanan protein akan mudah dimasak tanpa perlu waktu lama. Dalam mengolah protein, sebaiknya sayuran juga disertakan sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut ini kami akan sajikan bagaimana cara/resep membuat Bandeng Saus Pedas.

Bandeng Saus Pedas

Bahan :

2 ekor bandeng
300 ml minyak goreng
2 bh tomat merah
1 bh mentimun
100 gr cabai rawit merah
2 lbr daun salam
2 kuntum cengkeh
5 cm kayu manis
200 ml air
2 sdm tepung maizena
1 sdt garam
1 sdt pala gula pasir

Bumbu :

1 btg serai
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
8 btr bawang merah
5 siung bawang putih

Cara Membuat :

1. Mentimun dikupas, dibuang bijinya lalu dipotong seperti korek api, sisihkan. Tomat dibelah empat, sisihkan. Tepung maizena dilarutkan dengan 2 sdm air, sisihkan. Lengkuas, jahe dan kunyit dikupas lalu dihaluskan bersama bawang merah, bawang putih, dan serai. Sisihkan, Cabai rawit dibuang tangkai dan cuci bersih. Sisihkan.

2. Siangi bandeng, buang insang, sisik dan isi perutnya. Cuci dibawah air mengalir hingga bersih. Lalu masing-masing bandeng dipotong jadi 3 bagian. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng ikan hingga matang berwarna kecokelatan. Usahakan hanya sekali membalik ikan, agar kulit dan dagingnya tidak hancur. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. Panaskan kembali 3 sdm minyak bekas ikan, tumis bumbu halus dengan api sedang hingga harum.

3. Masukkan cabai rawit, daun salam, cengkeh dan kayu manis. Aduk-aduk sebentar. Kemudian tuang air, garam, gula, irisan tomat dan mentimun. Besarkan apinya dan masak hingga mendidih. Sesekali diaduk agar bumbu dan bahan tercampur rata.

4. Beberapa saat sebelum diangkat, tuang larutan maizena dan teruskan memasak hingga kuah mengental. Angkat. Susun bandeng goreng di atas piring saji lalu siram dengan kuah pedas. Sajikan segera dengan nasi panas.

Tips : 

Cara Lain penyajian dengan memasukkan bandeng ke dalam kuah pedas selagi masih di atas kompor. Lalu sajikan segera.

Semoga bermanfaat.[rm].