Resep Cara Membuat Cumi Jagung Muda Enak


Resep Cara Membuat Cumi Jagung Muda Enak - Bagi Anda yang bekerja atau mempunyai kegiatan super sibuk, menyisihkan waktu untuk memasak bagi keluarga merupakan dilema tersendiri. Keinginan untuk menyajikan yang terbaik bagi keluarga sering terhambat dengan sedikitnya waktu yang tersisa. Waktu yang sedikit ini pun harus dibagi pula dengan hal-hal lain yang memerlukan perhatian Anda.

Olahan dengan bahan protein merupakan keharusan karena protein penting bagi tubuh untuk pertumbuhan. Protein seperti daging, ikan, unggas, termasuk bahan makanan yang membutuhkan waktu sedikit lebih banyak dari pada mengolah sayuran.

Keterbatasan waktu Anda jangan dijadikan alasan untuk tidak menyajikan yang terbaik bagi keluarga. Dengan trik dan teknik yang tepat, bahan makanan protein akan mudah dimasak tanpa perlu waktu lama. Dalam mengolah protein, sebaiknya sayuran juga disertakan sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut ini kami akan sajikan bagaimana cara/resep membuat Cumi Jagung Muda.

Resep Cumi Jagung Muda

Bahan Cumi Jagung Muda :

200 gram jagung muda
4 buah cumi besar segar
100 gram udang sedang
50 gram wortel
50 gram buncis muda
1 buah bawang bombay
3 siung bawang putih
1 sdt jahe
1/2 sdt merica
2 sdt kecap asin
1 sdt saus tiram
2 sdm minyak goreng
1 bks kaldu ayam bubuk

Cara Membuat Cumi Jagung Muda :

1. Cuci dan siangi bahan-bahan yang memerlukan perlakuan demikian. Buncis dibuang seratnya lalu dibelah dua memanjang. Kemudian buncis diiris tipis memanjang, sisihkan. Wortel diiris tipis serong, sisihkan. Udang dikupas dan dicuci bersih, sisihkan. Jagung dibelah dua memanjang, sisihkan. Cuci bersih cumi-cumi dan buang tinta dan tulang punggungnya. Lalu cumi-cumi dibelah 2 memanjang dan potong kotak 5x5 cm. Kemudian kerat-kerat tengahnya, sisihkan.

2. Bawang bombay dibelah 8 dan bawang putih dimemarkan, sisihkan. Jahe dikupas dan dipotong seperti korek api, sisihkan. Panaskan minyak dengan apisedang, tumis bawang putih dan jahe hingga harum berwarna kekuningan. Tambahkan irisan bawang bombay, masak sambil diaduk hingga harum dan agak layu.

3. Masukkan irisan jagung muda, wortel dan kecap asin. Aduk-aduk sebentar agar bumbu rata. Besarkan apinya dan tutup wajan. Masak selama 3 menit. Lalu tambahkan potongan cumi, udang dan irisan buncis, aduk-aduk hingga udang dan cumi-cumi berubah warna dan kaku.

4. Masukkan saus tiram, garam, merica dan kaldu bubuk. Masak sambil diaduk hingga semua bahan matang dan bumbu meresap . Angkat dan sajikan segera selagi masih panas.

Tips :

* Agar lebih berwarna tambahkan potongan brokoli, kailan atau bokcoy.
* Udang dan cumi-cumi bisa diganti dengan daging ayam atau daging ikan ( marlin, gindara, kakap ).
* Agar cumi-cumi cepat matang, sebelum dicampur dengan bahan makanan lainnya, cumi-cumi direbus dulu setengah matang dengan garam dan merica.

Selamat mencoba,,[rm].