Resep Cara Membuat Cumi Teri Cabai Hijau Paling Enak


Resep dan Cara Membuat Cumi Teri Cabai Hijau Paling Enak - Bagi Anda yang bekerja atau mempunyai kegiatan super sibuk, menyisihkan waktu untuk memasak bagi keluarga merupakan dilema tersendiri. Keinginan untuk menyajikan yang terbaik bagi keluarga sering terhambat dengan sedikitnya waktu yang tersisa. Waktu yang sedikit ini pun harus dibagi pula dengan hal-hal lain yang memerlukan perhatian Anda.

Olahan dengan bahan protein merupakan keharusan karena protein penting bagi tubuh untuk pertumbuhan. Protein seperti daging, ikan, unggas, termasuk bahan makanan yang membutuhkan waktu sedikit lebih banyak dari pada mengolah sayuran.

Keterbatasan waktu Anda jangan dijadikan alasan untuk tidak menyajikan yang terbaik bagi keluarga. Dengan trik dan teknik yang tepat, bahan makanan protein akan mudah dimasak tanpa perlu waktu lama. Dalam mengolah protein, sebaiknya sayuran juga disertakan sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut ini kami akan sajikan bagaimana cara/resep membuat Cumi Teri Cabai Hijau.

Resep Cumi Teri Cabai Hijau

Bahan Cumi Teri Cabai Hijau :

150 gram cumi asin
200 ml air hangat
150 gram teri tawar segar
300 ml minyak goreng
3 lbr daun jeruk
1 btg serai
150 ml air matang
1 sdm air asam jawa

Bumbu Cumi Teri Cabai Hijau :

60 gram cabai hijau
30 gram bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jahe
2 ruas lengkuas
1/2 ruas kunyit
4 btr kemiri
1 sdt garam

Cara Membuat Cumi Teri Cabai Hijau :

1. Bumbu : Jahe, lengkuas dan kunyit dikupas dan dipotong-potong, sisihkan. Kemiri disangrai hingga kecokelatan. Cabai hijau dibuang bijinya, lalu dihaluskan bersama bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri dan garam. Sisihkan. Serai dimemarkan bagian putihnya, sisihkan.

2. Bersihkan cumi asin lalu rendam dalam air hangat selama 10 menit, sisihkan. Sementara itu teri tawar dicuci dan dibuang kepalanya, lalu dilumuri sedikit garam. Diamkan selama 10 menit agar garam meresap. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng teri hingga kering. Angkat dan tiriskan, sisihkan.

3. Panaskan 2 sdm minyak bekas teri, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan serai dan daun jeruk, aduk-aduk hingga agak layu. Masukkan cumi asin, aduk-aduk sebentar. Kemudian tuang air dan masak hingga mendidih. Lalu kecilkan apinya.

4. Masukkan air asam sambil diaduk. Biarkan beberapa menit hingga bumbu menyerap dan kuah berkurang. Sesaat sebelum diangkat tambahkan teri goreng. Aduk cepat dan angkat. Sajikan selagi hangat.

Tips :

* Agar tetap renyah, teri tidak dicampur ke dalam tumisan. Tapi ditaburi ketika akan disajikan.
* Untuk memperkaya isi, tambahkan pare yang diiris tipis, leunca atau daun melinjo muda.
* Agar tidak terlalu asin, rendam cumi-cumi dalam air garam hangat.

Selamat mencoba..[rm].